Sabtu, 03 Desember 2011

Campak !!

Gue pernah ngalamin penyakit ini, dan sekarang masih gue rasain. Disini gue mau berbagi info aja seputar penyakit 'CAMPAK' . Yuk kita lihat penjelasannya:


Penyakit ini  mudah menular. Di sababkan oleh virus  paramiksovirus.  Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease)
Gejala-gejala yang gue ketahui sbagai berikut:
1. Hari pertama terjadi demem tinggi, tenggorokan terasa sakit
2. Hari berikutnya demem mulai turun, disertai batuk, hidung meler dan mata berair
3. Hari ketiga, munculnya ruam bintik merah yg menjalar ke bagian belakang telinga, muka, leher, dan badan,
Kalo udah keliatan sama 3 gejala tersebut, mending dianjurkan ke dokter aja deh. Sebab akibat, kalo nunggu waktu lama, bisa mengakibatkan konplikasi besar pada virus tersebut, yang mengakibatkan kematian *jleb* *wow*


Waktu gue dibawa ke dokter, gue disuruh ngambil darah, pertama tama yg dilakukan sang dokter adalah meriksa mulut gue, lalu dokter berkata "Periksa darah" dengan gampangnya? Periksa darah kan berarti disuntik dong? Gue dibawa keruang pemeriksaan. Tangan gue diiket, jari jari gue genggam, suntikan dikeluarkan dannnn...... nyessss nyeri banget bangetan rasanya ¬_¬


Demi bisa sembuh dan bisa sekolah lagi, gue mau disuntik dulu kaya gitu. Selasa besok gue udah mau ulangan umum coy, makanya gue bela belain sembuh buat nuntut ilmu hhaaah *LebayLO


Hari dimana munculnya ruam bintik merah pada muka gue, muka gue yg tadinya udh tembem , dibikin bengkak lagi sama itu penyakit. Gila muka gue saat itu serem banget, udh kaya monster ! Gue aja takut liat cermin !


Waktu itu hari jumat, gue masuk sekolah. Sebener nya gue malu dateng ke sekolah dengan muka monster kaya gitu, tapi kalo nggak masuk, ntar malah gue gk dapet nilai dari guru guru. Sbntr lgi kan udh mau UAS. Yaudh tuh, disekolah gue tutupin muka gue pake selampe. Sebenernya risih gue kaya gitu, susah napas, bau apek segala macem deh, gk bisa bebas hirup udara dan gak bisa bergerak bebas. Gue dikelas udah kaya apaan aja ditutup tutupin, mana waaktu berdiri didepan guru, gue masih nutupin muka gue. Ntar tuh guru ngira badan dia bau, makanya gue nutup idung wkwkwwkk *ngakakjungkirbalik


*Ini ngasih informasi apa curhat sih?*
Oh iyaiya gue lupa haha , nih gue kasih info info lain, terkain tentang penyakit campak .


 gejala campak bisa hilang sendiri tanpa perawatan medis, sekali virus meninggalkan tubuh. Tetapi sementara penderita sakit, penting untuk minum cukup cairan dan mendapatkan cukup banyak istirahat untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain.
Konon orang orang bilang, kalo udah kena campak sekali, seumur hidupnya gak akan kena penyakit campak lagi. Dan bila udah sembuh dari penyakit campak, konon katanya kekebalan tubuh penderita menjadi kuat.
Komplikasi
Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius.
Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak. Pertama, infeksi bakteri (Pneumonia, Infeksi telinga tengah). Dua, kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga penderita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan. Tiga, Ensefalitis (inteksi otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.





Pengobatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Penderita sebaiknya menjalani tirah baring. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi infeksi bakteri, maka baiknya diberikan
antibiotik.

Pencegahan
Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas. Jika hanya mengandung campak, vaksin diberikan pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun. 




SEKIAN TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar